Reksadana untuk Pemula

image

Akhirnya punya juga akun reksadana, setelah lebih dari setahun berencana. Entah mengapa kok ya ga dari kemarin-kemarin bikinnya. Soalnya prosedurnya juga ga ribet-ribet amat. cuma setengah hari udah kelar. Tinggal ngikutin aja petunjuk dari CS bank-nya. Agak lama karena antrinya ya mungkin. Tapi ya.. kan tempatnya juga nyaman, tempat duduk empuk dan ruangan ber-AC, jadinya ga terlalu terasa juga nunggunya. Paling yang kerasa cuma ngantuk aja.

“Kenapa sih Kis kok lo pengan banget punya reksadana?”

Sebenernya keinginan reksadana ini muncul karena blog-blog atau artikel kaya gini ini juga. Bahkan gw sendiri juga pernah posting soal reksadana ini di sini, udah lama banget dan gw baru mulai berinvestasi 3 bulan yang lalu. Emang ya, kalo ngomong itu lebih gampang daripada melakukan. Buktinya gw dah ngoceh hampir setahun lalu tapi baru dilakuin tiga bulan ini. Menurut pemikiran gw, reksadana itu bisa dijadikan alternatif buat lo berinvestasi, kalo lo punya duit dan lo bingung tuh duit mau diapain kan enaknya diinvest aja tuh duit, biar makin berkembang. Gw juga begitu, daripada duit bayaran yang ga seberapa itu abis tanpa menentu, mendingan gw sisihkan aja di awal buat dijadiin tabungan.

“prosesnya kek gimana sih?”

Syaratnya gak susah kalo mau bikin akun reksadana, lo bisa daftar via online (yang dulu pernah gw lakuin tapi ga jalan karena gw males kirim balik berkas via pos) atau lo bisa daftar di agen penjualan reksadana.

“Tempatnya di mana?”

Ya di sekitar rumah lo lah, gak mungkin kan lokasi lo di Sragen tapi lo mau daftar di agen penjualan reksadana Atambua.

“Kalo lo di mana Kis?”

Kalo gw pake salah satu Bank BUMN, yaitu Bank Mandiri. Terus terang gw ga mau ribet, jadi ya gw cari yang lokasinya deket sama kantor. Lo cuma cukup nyediain KTP, sama duit yang mau lo invest di awal, minimal besarnya 500 ribu. Tapi lo jangan bawa duit ngepres segitu, ntar buat parkir sama materai lo bingung ambil duit dari mana. Kalo gw kemarin lom punya rekening Mandiri, jadinya ya gw mesti bikin dulu tuh, dan gw siasatin, biar duit di situ kagak kepake, gw minta dibuatin tanpa kartu ATM. Tanpa kartu ATM lo bisa lebih menghemat lagi soalnya sebulan untuk kartu dikenain biaya 10 rb kalo ga salah.

Di bank lo nanti bakal ditemuin sama orang yang punya sertifikat agen penjualan reksadana, soalnya cuma beliau yang berwenang ngasih pengarahan soal investasi ini. Waktu gw kemarin ya Kepala Cabangnya. Ini juga bisa jadi point tambahan nih, soalnya kan lo jadi kenal sama kepala cabang Bank tersebut, kalo misalanya lo butuh duit kan lo bisa utang beliau.. hehehe..

Setelah lo dikasih pencerahan, tiba saatnya lo daftar, lo nanti dikasih formulir pendaftaran. Dan lo kudu nyiapin fisik lo terutama jari-jari tangan. Soalnya yang mesti lo isi buanyaakk buangeetttt. terus terang gw sampe pegel, tapi ga usah khawatir, mbak-mbak- CS-nya sabar menanti kok, jadi kalo lo mau istirohat sejenak ya gpp, ga ada yang ngelarang juga. Setelah lembar diisi, dan ditanda tangani lo bisa pulang. Dan tinggal nunggu surat konfirmasi dari Bank. Lo harus menentukan berapa duit yang mau didebet dari rekening lo tiap bulan buat reksadana ini. Minimal 200 rb. Kalo Mandiri bukanlah rekening payroll lo, jangan lupa buat ngisi tiap bulannya di rekening itu.

“Lo udah untung berapa duit Kis?”

Kalo investasi di reksadana ya jangan ngarepin untung dalam jangka waktu dekat, apalagi kalo lo membeli produk saham, siap-siap aja buat rugi di awal-awal. Kalo gw, yah.. namanya pemula, gw percayakan untuk beli reksadana Mawar punyanya Danareksa. Dan dari laporan yang gw dapet tiap bulan, gw itung-itung dapet untung sekitar 79 rb dengan uang 900 rb dari yang udah gw keluarkan.

Per bulan gw sisihkan 200 rb, gw anggep aja ini uang ilang, soalnya jaman sekarang duit segini dah ga kerasa, kadang buat makan aja bisa sampe 100 rb, nah.. dua kali makan amblas dah ni diut. Padahal kalo lo investasikan malah bisa nambah duit lagi.

Iklan
Categories: Pemberitahuan | Tag: , , , | 53 Komentar

Navigasi pos

53 thoughts on “Reksadana untuk Pemula

  1. aku belum byk ngeh ttg investasi mas πŸ™‚

  2. boleh jga nih cara mainnya..

  3. investasi? sumpah! gue buta banget! kalah ama adik gue yang baru lulus SMA malah… πŸ™‚

  4. memang banyak tuh yang menawarkan reksadana…
    kalau yang mas ikuti itu, yang memilih jenis reksadana itu siapa? kita sendiri atau dah kita terima bersih dari dia sana.

  5. kalau reksadana, jangka waktu investasinya berapa lama, Mas?

    • ga pake jangka waktu mas, sewaktu-waktu bisa diambil. tapi ini saya pake buat dana pensiun

      • Mas… saya pingin ambil reksa dana juga… itu setiap bulan kan kita kepotong berapa gitu (dari kesepakatan berapa yang mau di investasiin). Sebagai freelancer pendapatan saya ga tentu.. kalau misalnya nanti di tahun ke dua, saya mau terus lanjut (Dari dana yang sudah masuk – tapi ga di tambahin/ga auto debit lagi) bisa ga? Mohon pencerahannya ya …. πŸ™‚

  6. wah, saya masih awam masalah invest-menginvest.
    😦

  7. saya juga beli reksadana via bank m****** yang bikin males itu kalau mau top up harus antri di CS. kalau bisa ibanking kayaknya lebih nyaman

  8. Yusnanda Nur Hidayati

    gan, ente ada email atau fb atau twitter nggk? ane mo tanya” tentang investasi reksadna ini. πŸ˜€

  9. domisili dimana masgan?
    sragen?

  10. Salam Sukses Bos,

    Bagi rekan rekan yang membutuhkan jasa pembuatan Software wajib baca ini….

    PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer. Kami menerima jasa panggilan ke perbankan,kantor asuransi,perkantoran,sekolah, kampus,pabrik,toko dan intitusi lainnya yang berhubungan dengan komputer.

    Kami juga menyediakan pengadaan laptop, komputer ke perkantoran,sekolah,kantor asuransi ,kampus,Pemda,toko dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

    Kami melayani pemesanan dan pengiriman dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

    Di Cari Reseller di tiap propinsi se Indonesia

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

  11. Lilik Suryanto

    Selamat siang gan. Saya Lilik, dari PT.AXA Financial Indonesia. Siapa tau agan2 ada yg minat untuk berinvestasi skaligus dpt proteksi/perlindungan. Sangat cocok jg kalo buat dana pensiun..
    Kami menawarkan 8 jenis investasi dgn tingkat keuntungan & resiko sedang,menengah, maupun tinggi.
    Kami jg pnya produk investasi dgn garansi 80% dari nilai tertinggi.. Menarik bukan.. πŸ˜€

    Untuk info lebih lanjut bisa
    Twiter: @KeloxKelix
    Facebook: Kelox.kelix@gmail.com
    Hp: 085-6250-2347.

    Terimakasih.. INGAT SEHAT.. INGAT AXA…

  12. edyx

    pingin tp masih ragu

  13. mas, 500 rb itu buat buka rekening tabungan mandiri atau buat buka reksadananya? saya udah ada tabungan mandiri, perbulan rencananya mau sisihkan 200rb jg buat reksadana, berarti cuma 200rb aja kan ya untuk awal, bukan 700rb(500+200)

    • Awalnya minim 500 rb plus bea materai. Selanjutnya bisa 200 rb. Kalau auto debet dibatasi waktunya. Terakhir saya perpanjang sampe lina tahun bisa. Dan bisa sewaktu-waktu kalau mau diubah nominalnya.

  14. gum

    Apa untuk pemula gak apa2x mainnya di reksadana saham?

    • Kalau saya sih nyebutnya bukan “main” soalnya ga berencana untuk diambil untuk jangka waktu yang lama. Dalam reksadana analoginya sebenernya bukan “pendapatan tetap” untuk pemula dan “saham” untuk expert, soalnya di reksadana kita bisa beli komponen investasi de ngan mudah, sebenernya itu yang memudahkan kita sebagai pemula

  15. a'an

    mas, kalo mau jual lagi gmn ?

    • Jual langsung aja ke mandiri. Terus terang saya belum pernah jual sih. Tapi pasti ada biaya-biaya tertentu waktu ngejualnya.

  16. sandy

    kalau mau bikin reksadana harus punya NPWP ya? Saya pengen nih bikin reksadana tapi masih mahasiswa, jadi nggak punya penghasilan sendiri, apalagi NPWP

  17. arroyan

    tq..sgt bermanfaat soalnya saya jg sdh lm tertarik reksadana tp g tau gmn cr nya.artikel anda sgt membantu.krn dr yg laen kebanyakan reksadana nya di t4 yg di kota ku tdk ada..

  18. mas ada akun fb nya,,spy bisa nanya lebih lengkap nya

  19. klw ada y mas..makasih sebelum nya

  20. astin

    maaf leh nanya mas,saya pgn bgt ikut reksa dana dan kbetulan saya juga nabungnya dimandiri cumaa,saat ini saya tinggal di LN apakah bs daftar secara online ?

  21. Muh

    Hmm mas itu 79 ribu pendapatan per bulan atau gmn? Lalu di potong 200rb selama berapa lama? Keuntungan itu langsung di kirim ke rekening kita apa harus di cairan dulu? Kalo mau investasi kira butuh modal berapa (500rb + (200rb/bln x 60an, begitu kah logikanya? ) jika perbulan ke untungnya tetap 60rb berarti 5 tahun 3,6 jt ya?

    • Sistemnya kaya kita beli saham mas. Keuntungannya ya kalo kita jual kembali reksadanya. Tergantung harga sih, bisa naik bisa turun. Artinya bisa rugi juga. Namanya juga investasi mas, ada risikonya. Untuk keuntungan ga bisa dihitung kasaran seperti itu juga. Sama seperti saham harga reksadana itu berubah-ubah.

  22. Alhe Amoye

    brarti d rekening tiap bulannya terpotong 200 ribu, untk memastikan investasinya (ReksaDana) berjalan bgmn??

    • Terpotong memang karena saya ingin autodebet. Jadi ga repot tiap bulan harus ke bank hanya untuk beli reksadana. Kalau ga beli pun ga papa. Atau belinya ga rutin pun ga papa.

  23. deni

    mas investasi untuk pembelian saham nya gmn saya g tau???

  24. rimanda

    Di mandiri ambil produk reksadana apa??klo syariah bagusnya apa ya??bbrp wktu lalu prnh ke mandiri syariah..eeh kepala cabang nya malah nyaranin saya untuk invest LM disitu krn untuk reksadana kurang bagus…tp.saya masih penasaran dgn reksadan..mohon pencerahannya

    • Di mandiri saya ambil produk reksadana saham dari danareksa (mawar). Kalo di syariah sepertinya memang yang baik invest LM. Invest itu bagus tergantung kegunaannya. Kalau rencana mau dicairkan dalam waktu dekat ya baim di LM. Kalau memang untuk jangka panjang saya menyarankan reksadana saham.

  25. Edo

    apa buka reksadana dimandiri harus pakai npwp? saya masih mahasiswa tingkat akhir blum ada pekerjaan. tertarik reksadana. saya udah punya rekening mandiri.
    apakah rekening tabungan kita nanti disatukan dengan rekening reksadana. apa uang hasil reksadana itu likuid (bisa diambil setiap saat, kaya rekening tabungan)?
    terima kasih

    • Iya mas Edo, pakai NPWP, kalau tidak punya sepertinya bisa pakai NPWP ortu. kalau rekening tabungan nanti beda, soalnya laporan reksadana nantinya akan dikirimkan tiap bulan ke alamat rumah. Uang reksadana termasuk liquid, bisa diuangkan kapan saja, sekarang bilang ke bank mau diuangkan, besok baru terima uangnya, kira-kira seperti itu mas Edo

  26. icalroe

    Kalau udah ada rekening, trus stiap bulan kta byarx 100rb, udah gitu aja??? Ngga ada biaya tmbahan!

  27. Biaya tambahan ada mas ical, besarnya 1% dari nilai investasi. Kalo 100rb berarti biayanya 1rb tiap transaksi. Ini karena bank mandiri berlaku sebagai perantara pembelian mas ical, kalo langsung ke reksadananya mungkin ga pake 1% itu.

  28. mas mau nanya, kalo buku tabungan taplus mahasiswa (tapma) bisa dipake buat invest reksadana nggak? dan kalo saya punya rekening tabungan bni syariah bisa dipake buat reksadana jg nggak? kalo investasi buat mahasiswa macam saya yg cocok reksana yg mana mas?
    makasih sebelumnya. maaf banyak tanya hehehe blm tau apa2 soal investasi

    • Yang saya tahu hanya mandiri. Kalau cocok tidaknya investasi sebenarnya bukan dilihat dari latar belakang pekerjaannya, melainkan tujuan dari investasi itu sendiri.

  29. melissa

    Mandiri cab mana ya mas? Sy jg mau ikut tp ga semua cabang mandiri bs ternyata

  30. Laurent

    Halo selamat Siang

    Perkenalkan nama saya Lauren, manajer afiliasi untuk InstaForex Group.

    Disini saya ingin menawarkan Anda untuk bergabung dalam program afiliasi yang memberikan Anda keuntungan komisi mulai dari 1.5 – 5.3 pip untuk Forex dan mencapai 20 – 26 pip untuk Gold.

    Selain keuntungan tersebut kami juga dapat menawarkan fasilitas lainnya untuk memfasilitasi deposit dan penarikan dana untuk klien-klien Anda.

    Saya menunggu kabar baik dari Anda segera.
    Silakan menghubungi saya melalui detil yang terdapat di bawah.
    Kami akan senang untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan Anda.

    Terima kasih.

    Hormat saya
    Laurent

    ID Skype: Lauren InstaFX
    Facebook: Lorenifx IFX
    Phone/WA: +628119105674

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: