Panduan Membuat SIM A

Udah lama punya mobil, udah lebih lama lagi bisa nyetir. Tapi baru jumat kemarin gw bikin SIM A. Yak.. Benar, selama ini gw nyetir di sekitaran Gresik, bahkan sampe Surabaya, dan bahkan lagi sampe bojonegoro, dan lebih bahkan lagi sampe Malang kagak pake SIM. Untungnya kagak pernah ketilang selama nyetie mobil. Emang sih, gw bawa mobil kagak pernah ugal2an. Jarang kebut-kebutan. Jadi ya ga pernah ditilang.

Sebenernya apan aja sih yang lo butuhin untuk bisa ngedapetin SIM A? Beberapa hal yang utama adalah lo kudu siap waktu. Sejago-jagonya lo nyetir kalo lo kagak punya cukup waktu untuk bikin SIM ya sama aja bodong. Perlu digarisbawahi, hampir kagak mungkin lo bisa nembak langsung photo kalo bikin SIM di Gresik. Kecuali kalo emang Bokaplo kepala urusan SIM di Gresik kali ya? Itu pun lo harus punya waktu untuk duduk diem di depan kamera buat diphoto kan?

Yang ke-dua lo juga harus bawa cukup duit. Bikin SIM beda sama panggung dandut koplo pas kampanye Bro… Yang tiketnya bisa lo dapetin gratis, bahkan dibayar sama pasangan calon. Kalo resminya sih untuk pembuatan SIM A sebesar 120.000 rupiah. Tapi ada tambahan ini itu kaya cap jari dan photo bayar 20.000, tes kesehatan bayar 20.000. Jadi total kemaren cuma bayar 160.000 rupiah diluar parkir sama kalo lo mau jajan mie ayam depan satlantas.

Setelah itu lo tinggal ngikutin prosesnya. Ambil formulir – trus cek kesehatan – lalu sidik jari dan pas poto – kemudian tes teori – trus tes praktek – lalu bayar – dan trakhir foto diri. Kalo lo lancar di setiap posnya, lo bisa dapet SIM hari itu juga, kecuali lo gagal di salah satu tesnya, otomatis lo harus nunggu lagi untuk tes ulang. Tes ulangnya dah ditentuin juga, kalo lo gagal 1x lo kudu tes ulang 1 minggu setelahnya, kalo lo gagal 2x lo haru stes ulang 2 minggu setelahnya, dan trakhir kalo lo gagal lagi maka lo harus tes ulang 1 bulan setelahnya. Trus kalo gagal lagi bagaimana? Ya tiap bulan lo kudu nyambangin satlantas buat ikutan tes.

Di Gresik termasuk ketat loh dalam hal tes teori dan praktek, tes teori lo bisa langsung dapet hasilnya setelah selesai ngerjain, soalnya nilai langsung terpampang di layar infokus. Terbukti juga dari banyaknya map2 permohonan SIM yang udah pada lecek dan kumel, tandanya dah sering banget ikutan tes. Beruntung gw ga sampe ngulang, jadinya langsung bisa foto sim hari itu juga, tapi karena materi SIM yang hari itu udah abis, jadi baru bisa diambil hari Sabtu besoknya.

Iklan
Categories: Pemberitahuan, Umum | Tag: , , | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Panduan Membuat SIM A

  1. kemampuan berkendara sangat penting, bukan hanya kelihaiannya tetapi juga ilmu keselamatan tentang berkendara. karena menyangkut keselamatan pengemudi, penumpang juga orang lain

  2. bikin SIM di sana bisa satu hari ya, di kampungku sini minim 3 bulan baru bisa dpt kalau lulus tes teori sama praktek, kl enggak bisa bertahun tahun booo, tapi ada hasilnya juga sih, yg berkendara di lalin tahu dan patuh aturan krn telah sekolah dan lulus ujian 😛

  3. harumhutan

    bikin sim pake tes kesehatan juga?

    aduh baru tau saiyah,aku juga belum punya sim motor malah,udah bawa kemana mana masih ga punya sim 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: