Tepat Memilih Asuransi

Sudah sejak lama sebenernya gw dan nyonya pengen punya asuransi jiwa. Walaupun sebenernya di tempat gw kerja udah dilindungi sama jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) yang sekarang alih nama jadi BPJS ketenagakerjaan, tapi ya gapapa lah punya serep untuk mengurangi risiko hidup gw. Sebenernya untuk apa sih lo punya asuransi? Seberapa pentingnya sih buat hidup lo? Kalo menurut gw nih ya, asuransi khususnya asuransi jiwa itu termasuk salah satu cara lo nyatain cinta lo ke keluarga lo. Kok bisa? Lha iya… Kalo lo koit emang siapa yang menurut lo paling sengsara? Pasti orang2 yang lo tinggalin kan? Kalo elonya sih tenang2 aja di alam baka. Dalam hal ini anak bini lo. Nah.. Kalo lo kagak punya asuransi emang anak bini lo pake duit apa buat ngurusin semua biaya pemakaman lo? Pake duit tabungan? Emang punya? Kalo punya, kenapa duit yang lo tabungin kagak buat asuransi? Toh tiap manusia pasti mati. Kalo kata Peterpan tak ada yang abadi.

Trus asuransi apa dong yang paling pas? Kalo buat gw, asuransi jiwa murni lah yang paling pas bwt gw. Inget!!! Pas buat gw lom tentu pas buat sodara gw, apalagi buat lo lo pada yang bahkan lom kenal gw. Kenapa asuransi jiwa murni kis? Yah… Beruntung kesehatan gw di-cover sama kantor gw, jadi ya ga fungsi lah gw punya asuransi kesehatan lain. Emang katanya sih tetep bisa di-claim. Tapi ya buat apa? Emang kita pengen apa sakit? Soalnya setahu gw yang namanya asuransi itu adalah bentuk pemindahan risiko. Jadi risiko yang lo atau keluarga lo hadapin dipindahin ke pengelola asuransi.

Kalo diitung-itung emang kadang rugi juga sih. Masa nyawa lo dihargai cuma beberapa ratus juta? Tapi ya daripada kagak dihargai sama sekali kan. Yah… Mumpung masih menghasilkan, iya ga? Lagian kan lo kerja juga ada risikonya. Perjalanan dari rumah ke tempat kerja kan juga berisiko. Jadi ya kenapa ga lo pindahin aja risiko lo biar pihak asuransi yang tanggung kalo terjadi apa-apa.

Ini sih bukan iklan salah satu perusahaan asuransi tertentu ya, tapi kalo boleh milih sih usahakan agen asuransi yang bakalan lo pake adalah orang yang deket sama elo. Kakak atau adik lo sendiri, atau mungkin orangtua atau anak lo sendiri. Maksudnya itu kalo keluarga lo mau ngeklaim jadinya enak dan gampang. Selain itu kan juga ngebantu keluarga lo untuk jadi peserta asuransi kan?

Yah.. semoga tulisan gw ini bisa jadi tambahan pengetahuan buat yang mau mengasuransikan dirinya atau bahkan bagi yang masih anti dengan yang namanya asuransi. Dan yang paling penting adalah “Asuransi adalah untuk proteksi, bukan produk investasi” Jadi kalo ada yang mengharapkan keuntungan dari mengikuti asuransi ya maaf-maaf aja, kalian salah alamat.

Categories: Pemberitahuan | Tag: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

