Mutasi SIM C dari Jakarta ke Gresik

Bulan Februari tahun depan (2015) SIM C gw bakalan abis masa tayangnya. Dan karena KTP gw udah Gresik sedangkan SIM lama gw masih Jakarta maka mau gak mau gw kudu urus SIM di Gresik. Ada dua pilihan buat ngedapetin SIM, yang pertama lo daftar lagi di Satlantas kota KTP lo. Yang artinya lo kudu tes ulang atau paling ga nyogok biar ga pake ikutan tes baik tulis maupun praktek. Atau lo mutasi dari SIM lo yang lama ke SIM lo yang baru.

Karena gw ga mau tes ulang dan gw juga ga mau acara sogok-sogokan makanya gw mutasiin aja dari Jakarta ke Gresik tuh SIM C. Ga ribet kok sebenernya, prosesnya juga ga lama walaupun tetep kudu nunggu 4 hari buat cabut berkas.

Di Jakarta rumah gw di sekitaran Jeruk Purut. Nah di Jati Padang ada tuh koperasi yang nawarin jasa urusan administrasi dari STNK, BPKB, sampe mutasi SIM yang baru aja gw lakuin. Lokasinya di Jalan Raya Pasar Minggu, deket lampu merah perempatan yang dulunya sih buat tempat mangkal mikrolet M42 (ga tau deh nih angkot masih eksis atau ga). Koperasinya rame bener, sampe gw parkir mobil aja susah bener, tapi gw akuin tukang parkirnya jago bener ngatur parkirnya. Lokasi yang sempit gitu aja bisa buat parkir mobil bejibun. Lapaknya tepat di kiri setelah lo lewat pintu masuk koperasi di bawah tangga. Ga mungkin misa deh kecuali lo datengnya tengah malem.

Gw pake jasa itu soalnya gw ga mau ribet, urusan di Jakarta lagi banyak banget soalnya. Biayanya lumayan sih, 300 ribu tapi lo ga ribet lagi. Tinggal tunggu telpon dan berkasnya dah siap diambil. Waktu itu gw masukin hari Senin dan udah bisa diambil Jumat siangnya. Rencananya kalo lebih dari Jumat gw mau titip bokap buat ambilin biar dikirim ke gresik tuh berkas.

Setelah berkas didapat, tinggal proses di gresiknya. Proses ini malah lebih cepet lagi. Perhitungan gw ga ada 3 jam dari mulai masukin berkas dan SIM baru udah di tangan. Gw urus sendiri dan cuma bayar 75 ribu plus 20 ribu bea tes kesehatan. Jadi total cuma ngeluarin duit 95 ribu ditambah parkir 2 ribu dah dapet SIM baru.

Awal masuk lo ke loket 2 buat ambil map, ntar lo disuruh fotokopi KTP sama SIM yang lama. Kalo lo udah pernah urus SIM di gresik juga lampirib tuh SIM grwsik lo. Kaya gw, gw juga lampirin fotokopi SIM A gw yang udah beralamat gresik. Biar ga usah foto (foto di sini beda loh sama foto SIM, pas photo maksudnya) sama ambil sidik jari lagi (sidik jari di sini juga beda sama pas foto SIM, yang ini diambil kesepuluh jari) yang artinya ngurangin biaya bikin SIM.

Bistu lo ke klinik buat tes buta warna, lokasinya di depan warung cak ri. Ngomongnya sih tes kesehatan tapi lo cuma dikasih gambar yang buat buta warna itu aja kok. Bahkan waktu gw tes untuk SIM A ada juga mbak-mbak yang gw ga tau dia emang buta warna atau buta huruf, soalnya waktu disuruh nyebutin angka-angka yang terbaca di situ dia ga bisa. Tapi ya tetep aja dilulusin. Lawong gw juga ga paham ada ga nya peraturan yang melarang orang buta warna ngendarain kendaraan bermotor.

Setelah medcek dan berkas fotokopian engkapin gw langsung disuruh ke loket 1 alias bayar. Di sini lo bakalan ditarik duit 75 ribu. Setelah bayar lo disuruh ngisi blangko yang isinya data diri lo, alamat, nama, nama ortu, pokoknya semua deh. Dan dikumpulin ke loket 3. di loket 3 lo dikasih momor antrian buat poto. Tunggal nunggu beberapa saat, 10-10 orang dipanggil buat photo sesuai nomor antrian.

Di dalem ruang photo lo bakalan diphoto dan diambil sidik jempol lo. Buat dipasang di SIM. Setelah selesai lo tinggal pasang kuping lebar-lebar buat ndengerin kalo-kalo nama lo dipanggil. Prosesnya ga lama kok. Ga sampe 3 jam lo udah bisa bawa pulang SIM lo ya baru.

Semoga bermanfaat

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

